Quick Response Quality Control

Quick Response Quality Control (disingkat QRQC) merupakan suatu metode tindakan langsung yang harus dilakukan oleh departement quality terhadap permasalahan yang terdapat dilapangan.

Umumnya pendataan QRQC didapat dari data defective yang didapatkan dari check sheet yang biasa dibuat oleh bagian produksi.

Untuk menghindari keterlambatan penanganan terhadap permasalahan quality yang terjadi dilapangan, hal yang paling efektif adalah melakukan inputan data defective langsung disuatu papan informasi yang dapat dijelaskan kesemua operator pada saat akan melakukan briefing dihari setelahnya, hal seperti ini akan mempermudah bagi in process quaity control untuk menjelaskan beberapa point penting, seperti : jenis defective tertinggi, persentase defective disetiap produk, dan hasil analisa yang akan dilakukan untuk menangulangi permasalahan tersebut, dari briefing ini pun operator produksi maupun leader produksi dapat memberikan saran bagi in process quality control dalam melakukan analisa terhadap beberapa rootcause yang mungkin tidak terlihat oleh In Process Quality Control namun tampak jelas oleh Leader maupun operator produksi. dari pelaksanaannya pun akan terlihat langsung dipapan informasi bila kita selalu melakukan monitoring terhadap jenis-jenis defective suatu produk, sebab papan informasi yang biasa dipampang merupakan bentuk grafik garis yang selalu diinput penurunan atau peningkatan persentase defective yang muncul setiap hari.

Dari data ini kita semua dapat mengetahui secara langsung keefektifan dari corrective action yang telah kita lakukan berdasarkan hasil analisa yang kita lakukan setiap awal briefing disetiap shift bersamaan dengan operator produksi beserta leadernya.

Jadi hanya dengan berbekal check sheet, papan informasi dan spidol kita bisa meningkatkan qualitas dengan jalinan koordinasi dengan operator dan leader produksi itu sendiri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: