Persiapan Quality Objective Tahun 2009

Tahun 2008…..bukanlah hal yang singkat dalam proses perjalanan perbaikan system yang terus berkelanjutan di Perusahaan Banshu Rubber Indonesia, begitu banyak hal yang telah dilakukan agar kita bisa survive didalam kompetesi yang terus meningkat, belum lagi digempur habis2xan dengan krisis global yang berimbas hampir kesemua perusahaan dibidang otomotif…..

tidak ada cara lain……only…….great inovation…will make our company survive……how….by PDCA…simply but surely….

menyongsong tahun 2009 yang akan datang…hal yang paling penting adalah meninjau kembali sasaran mutu (quality objective) perusahaan…mereviewnya dengan melihat activity plan yang telah kita break down dari quality objective yang telah kita buat diakhir tahun 2007 yang lalu…..umumnya bila kita melihat kondisi yang ada sekarang ini….(menurut pakar ekonomi…living cost makin tinggi..sedangkan komisi makin tak kuat menahan….alias makin turun…ceile….bener apa salah anda sendiri silahkan menilai…maklum saya cuma orang kecil…gaji bukan buat sesuap nasi..tapi untuk bayar hutang sana-sini…untuk sesuap nasi…yah..tentu saja saya utang lagi…hiks-hiks…sedih banget nasibmu…) sangat perlu sekali kita melakukan inovasi besar-besaran yang bisa kita angkat dalam aktivitas rutin yang akan kita planningkan selama setahun.

jadi sebelum memulai langkah awal…ditahun 2009 step-step berikut ini amat sangat diharuskan untuk dilakukan…..:

1. Review activity plan tahun 2008….lihat perbandingan target dengan actualnya……( hal ini bisa direview dalam management review bulanan, tiga bulanan, enam bulanan, tahunan, tergantung mood perusahaan anda sendiri…dan juga mood si MR kalo ada MR diperusahaan Anda…bila tidak ada…silahkan contact saya di 08989267299 abu tholib saya siap menerima posisi lowongan MR ditempat anda bila memang diperlukan….hahahaha…..

2. Bila hasil review menandakan actual lebih besar dari planning untuk hal yang positif (contohnya peningkatan sales 10% actualnya 20%), berarti perlu adanay peningkatan target untuk kedepanya…cek proses yang berkaitan dengan sales…liat BPM (business Process Mapping) perusahaan…rubah target…berarti rubah proses agar lebih baik..

3. Bila hasil review menandakan actual lebih kecil dari planningnya (contoh defect internal 100ppm actualnya 10000ppm)…berarti banyak proses yang harus diperbaiki sedangkan target direview ulang…apakah realistis dengan proses atau tidak…(lihat..proses training….corrective action….internal audit….preventive & predictive maintenance….lihat perencanaan mutu…dll) yang berkaitan dengan target defect internal tersebut….

4. Bila telah direview maka kita rubah terlebih dahulu quality objective kita…contoh….

a. Peningkatan sales dari 10% menjadi 50% (biar survive, hehehehe)

b. Defect Internal 100 ppm tetap 100ppm namun procedure corrective action dan training dirubah misalnya…)

5. Setelah Quality Objective dirubah, maka kita harus membuat activity plan….atau master plan schedule…selama setahun…..yang merupakan break down dari quality objective yang tadi kita buat…..

contoh : quality objective : defect internal 100ppm

activity plan : Machine : standarisasi tooling untuk proses press…100

% terimplemetasi

Man       : Refreshemnt training 3 bulan sekali…100%

terevaluasi, dll

Intinya activity plan merupakan langkah-langkah pasti yang terukur yang akan kita lakukan untuk mencapai quality objective yang kita harapkan ditahun 2009.

Quality Objective bisa dibuat dari hasil meeting MR dihadiri oleh SPV up dari semua departement..

sedangkan Activity Plan bisa dibuat oleh Spv maing-masing departeemnt yang sebelumnya telah dirundingkan dalam meeting internal masing-masing departement…

1 hal yang perlu diperhatikan….activity plan bukanlah hal yang baku yang harus dilaksanakan…bila ternyata kurang effisien kita dapat merevisinya….dan tentu saja harus dengan persetujuan minimal dept head hinga MR dan selalu relevan dengan Quality Objective Tahun ini……

Masih bingung dengan hal ini…?

email me on abutholib_k02@yahoo.com

ditunggu saran dan kritiknya…atau ada ide yangl ebih mantap….please comment me OK!

2 Balasan ke Persiapan Quality Objective Tahun 2009

  1. hellyana mengatakan:

    bisa kasih saran jika penerapan QMS diterapkan di perguruan tinggi untuk meningkatkan mutu lulusan dan proses belajar mengajar

  2. abutholibasseggaff mengatakan:

    yup..bisa..dan akan sangat terasa manfaatnya…sebab ketika kita berbicara tentang QMS maka kita berbica tentang bagaimana kita memanage system yang kita punya agar bisa memberikan suatu hasil dari proses yang memberikan kualitas mutu yang unggul….saat ini…sudah banyak sekolahan bahkan hingga mall yang menerapkan sistem management mutu,jadi tidak hanya terikat pada lingkungan pabrik yang bersifat jasa atau menghasilkan produk semata…ketika anda ingin mengimplemetasikan QMS kedalam system anda, ada baiknya anda pelajari terlebih dahulu dasar dari QMS yang anda inginkan kemudian lihat system yang anda miliki(diperguruan anda) lalu develop system anda yang kurang.Dasar-dasar QMS bisa anda pelajari dari Konsultan QMS yang saat ini sudah banyak….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: