Pengontrolan Awal Massproduksi

Sebuah part baru yang merupakan hasil dari new project dan telah siap untuk menjadi mass produksi (=dibaca produksi massal oleh bagian produksi) harus dikontrol tergantung dari object part tersebut.

Biasanya pengontrolan part baru saat mass produksi memiliki perbedaan lama pengontrolan, tergantung dari object part tersebut. Bila perusahaan belum memiliki design yang serupa dengan part yang baru tersebut umumnya lama pengontrolan bisa mencapai selama 6 bulan, bila perusahaan memiliki part dengan design yang hampir serupa dengan part tersebut bisa mencapai 3 bulan pengontrolan, atau tergantung dari kebijakan masing-masing perusahaan yang bersangkutan.

Apa saja sech yang harus dikontrol?

ini dia….

1. Keefektifan Standard Operation Procedure, Inspection standard dan dokument-dokument lain yang berhubungan dengan part tersebut. Kita bisa mengacu ke kontrol plan untuk masalah dokument ini.

2. Keefektifan tools yang digunakan.

3. Capability Process produk tersebut.

4. Kepatuhan operator dalam menjalankan standard-standard yang telah ditetapkan.

5. Design Failure Mode Effect Analysis yang telah kita buat terhadap part tersebut.

Pengontrolan ini semua biasanya dirapatkan 1 bulan sekali. Pengontrolan secara optimal terhadap part tersebut bisa dihentikan setelah masa berlakunya telah selesai, dengan ketentuan :

1. Capability process baik (Cpk > 1.33 atau 1.67)

2. Tidak ada claim dari customer selama pengontrolan part tersebut.

3. Reject rate produk tersebut sangat sesuai dengan standard yang telah ditetapkan.

4. Standard-standard yang telah dibuat telah 100% efective (hal ini dapat dilihat dari performance proses yang dimiliki).

Bila masih ditemukan permasalahan maka proses pengontrolan harus tetap dilanjutkan meski waktu/lamanya pengontrolan telah selesai.

Jadi dari sini semua dapat kita ketahui bahwa proses pengontrolan produk awal mass produksi sangat diperlukan, sebab dari pengontrolan awal inilah kita dapat mengetahui semua permasalahan yang terdapat pada part tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: